Nulis satu naskah dalam waktu Tiga Puluh hari? Emang bisa? iya bisa saya dan peserta alumni workshop saya 85% Sukses menyelesaikannya karena mengikuti trik-trik yang saya berikan. Nah..25% nya lagi ada yang mundur dan menyerah, serta tidak mengikuti intruksi dari saya. hehe.

Mungkin dalam benak kamu bertanya-tanya.
Gimana caranya supaya bisa selesai dalam satu bulan? 
Sedangkan selama ini saya nulis satu tahun gak selesai-selesai.

Ada yang seperti itu? Jika iya semoga Anda bisa tercerahkan setelah membaca artikel ini.

JREEEENNGGG..JREEENNGGG..!!!

Sebelum memulai menulis harus ada yang kita siapkan agar lancar dalam tiga puluh hari ke depannya. berikut langkah-langkahnya:


Pertama yang harus Anda lakukan adalah Do’a. 
Berdo’a agar mendapatkan pahala, dengan berdo’a semoga tulisan kita bisa bernilai manfaat bagi banyak orang, berdo’a agar pikiran kita terbuka sehingga mudah menulis, berdo’a agar tembus penerbit, berdo’a agar tulisannya nanti jadi buku best seller. Dan lainnya.
Berdo’a sertakan juga niat. Niat adalah ruh dari tulisan kita. Jika niat kita salah maka tulisan kita kehilangan ruhnya. Dan ketika itu nilai ibadahnya pun akan hilang. Maka niatkan untuk meraih Ridho Allah.

Kedua BUAT JADWAL HARIAN. Jadwal harian ini sangat penting sebagai patokan kita untuk melakukan kegiatan dan terarah. Saya akan mencontohkan jadwal hari yang pernah saya dan teman-teman workshop menulis “Cara Cepat dan Tepat menjadi Penulis” angkatan kelima.

NO WAKTU KEGIATAN KETERANGAN
1.   04.30 – 05.00 Sholat Subuh
2.   05.00 – 07.00 Menulis Buku
3.   07.00 – 08.00 Prepare Kuliah, kerja, atau sekolah Jika libur bisa di pake untuk menulis
4.   08.00 – 12.00 Kerja, Kuliah atau sekolah
5.   12.00 – 13.00 Ishoma
6.   13.00 – 15.00 Kerja, Kuliah atau Sekolah Jika libur bisa di pake untuk menulis
7.   15.00 – 16.00 Isho
8.   16.00 – 18.00 Waktu Keluarga Atau Olah raga
9.   18.00 – 21.30 Buka puasa, makan, Sholat magrib, isya, taraweh + baca qur’an.
10. 21.30 – 22.30 Menulis
11. 22.30 – 03.00 Tidur

Dalam jadwal kegiatan itu kita membuat waktu khusus untuk menulis, bukan menggunakan waktu sisa untuk menulis. Jadi jika mau 30 Hari Selesai satu naskah buatlah jadwal harian dan sediakan minal 3 jam perhari untuk menulis. Itu adalah contoh kegiatan harian yang bisa di gunakan sebagai acuan, silahkan di sesuaikan dengan kegiatan harian Anda.

Menulis bukan pekerjaan sambilan, tapi jadikan sebagai perkerjaan yang membutuhkan waktu khusus.

Ketiga BUAT TARGET HARIAN. Setelah membuat jadwal harian, kita perlu juga membuat target harian agar menulis kita terarah dan selesai dalam satu bulan. Kita ambil hitungan minimal naskah 100 lembar. Sehari kita punya waktu kurang lebih 3 jam, biasanya peserta workshop saya rata-rata 3 jam nulis bisa mendapatkan kurang lebih 4 lembar. Berarti untuk sampe 100 lembar kita butuh 25 hari menulis. Lima hari sisanya bisa di gunakan untuk riset awal dan koreksi akhir naskah. 

Untuk lebih jelas silahkan baca materi “Langkah Sukses sebelum menulis” bisa di download ebooknya di DOWNLOAD DISINI 

Atau di Group Facebook Belajar Menulis Bersama Ronny Dewanyara Putra BERGABUNG DISINI

Berikut contoh kegiatan dalam satu bulan.
Hari Ke - Kegiatan
1 Buat Outline
2 Riset data pendukung
3 – 27 Tulis Naskah
28 Koreksi Naskah
29 Koreksi Naskah
30 Finishing Naskah

Nah begitulah kira-kira jadwal kegiatan perhari selama 30 Hari. Semoga bisa dijadikan acuan.

Keempat SIAPKAN TEMA. Tema mengarahkan isi tulisan kita, apakah mau bertemakan cinta? Komedi? Action? Motivasi? Atau lainnya. Tema perlu agar pembaca tulisan kita tidak kebingungan ketika membaca tulisan kita. Karena setiap pembaca pasti punya tujuan dan harapan yang di inginkan ketika membaca tulisan kita. Dia akan kecewa ketika mencari mencari buku bertemakan cinta ternyata yang dia baca tidak sesuai. Tema ini juga yang akan membantu dalam menentukan judul. Pilihlah tema yang sesuai dengan target pembaca kita.

Kelima BUAT PUNISHMENT. Jika naskah saya tidak selesai dalam bulan ramadhan ini, apa hukuman yang akan saya terima? Buatlah yang paling menakutkan, paling menjijikkan, paling menyedihkan, pokoknya yang paling Anda tidak suka. Kami menyebutnay BOM WAKTU. Cara menghentikan BOM WAKTU-nya dengan menulis dan menyelesaikan tulisan sesuai target. Karena Semakin berat hukumannya semakin memacu Anda untuk menyelesaikan tulisan.

INGAT! PUNISHMENT Bukan Cuma di buat tapi ketika tidak tercapai targetnya LAKSANAKAN HUKUMANNYA!


Itulah langkah persiapan awal agar tulisan kita selesai dalam satu bulan. Untuk memulai menulis saya akan bagikan beberapa tips dan trik agar target #30HariSatuNaskah bisa tercapai.

- Pertama pastikan Outline dan bahan refrensi sudah siap sebelum mulai menulis.
- Kedua FOKUS pada naskah yang di tulis sesuai dengan outline yang sudah di buat.- Ketiga Anda adalah penulis bukan editor jadi tugas Anda hanya menulis.- Keempat KOMITMEN dengan JADWAL yang sudah di buat.- Kelima Selalu INGAT PUNISHMENT.- Keenam Menulislah SEKARANG!


Sedikit tips dan trik bagaimana mencapai #30HariSatuNaskah. Jika ada yang kurang di mengerti mari kita sama-sama berdiskusi di grup facebook Belajar Menulis Bersama Ronny Dewanyara Putra 

Terima Kasih sudah membaca artikel ini, jika bermanfaat silahkan di sebar luaskan, semoga menjadi amal jariyah kita. Aamiin.
Tunggu artikel saya selanjutnya.

Mau Buku Ketiga dan Keempat saya GRATIS? Insya Allah Akan launching bulan Februari 2016 Silahkan like Facebook DISINI SEKARANG juga!Kemudian baca Buku pertama dan kedua saya, Dan mulai SEKARANG Kunjungi terus Blogsaya Saya HANYA akan membagi informasi buku GRATIS saya disana.
Buku TERBATAS. Anda TELAT Buku HABIS.


Mau Serius Belajar Nulis dari Nol sampe di terbitkan? Mari Bergabung BERSAMA KAMI

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog kami.
Silahkan tinggalkan pesan agar ke depannya lebih baik.

 
Top