Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman group facebook Belajar Menulis Bersama Ronny Dewanyara Putra, yang telah menyempatkan untuk membaca, mendownload dan menyebarkan artikel ini.
Tidak diperkenankan dikomersilkan karena ini di tulis untuk di bagi secara gratis.
Selamat membaca semoga bermanfaat.
Dalam setiap seminar dan workshop yang saya lakukan, hampir rata-rata pertanyaan yang saya dapatkan adalah:
write-by-science-news-dot-org“Apa saja yang dibutuhkan untuk menulis?”
Kebanyakan mereka bingung untuk memulainya, bingung menulisnya, atau pun bingung mau nulis apa. Nah..kali ini saya akan membagikan “Apa saja yang dibutuhkan untuk menulis”.

Pertama NIAT. Segala sesuatu yang kita kerjakan tergantung oleh niat kita. Niat akan menentukan hasil akhir yang akan di capai. Kalo niat kita baik maka kita akan mendapatkan kebaikkan juga. Nah..apa niat sahabat menulis? Mau terkenal? Mau di bilang Hebat? Atau mau dapat keuntungan? Kalo itu yang di impikan maka itu yang akan di dapatkan. Tapi ingat, ada kekuatan besar yang bisa lebih cepat dan lebih tepat sehingga ketika pembaca membaca tulisan kita tersentuh, apa itu? Iya ridho Allah. Kalo kita niatnya untuk mencari ridho Allah, menebar manfaat melalui tulisan saya yakin ketika menulis akan terasa ringan dan ide-ide akan cepat di dapatkan dan ketika menulis kata-kata yang di tuliskan tepat.

Kedua BUAT TUJUAN. Hampir sama dengan niat bedanya kalo niat masih dalam hati kalo tujuan harus sahabat tulis. Kenapa gitu? Agar kita selalu ingat apa tujuan kita menulis. Buat tujuan yang memiliki alasan kuat, sehingga timbul semangat ketika menulis. Misalnya tujuan saya menulis ingin menebar manfaat, karena alasannya supaya bisa membahagiakan orang tua kita dengan memberikan karya berupa buku. Dan masih banyak tujuan dan alasan lainnya, temukan tujuan itu dan tulis di kertas.

Ketiga GALI IDE. Inilah yang sering di keluhkan sahabat kebanyakan. Gak punya ide mau nulis apa. Gak tau mau nulis apa. Ini sangat penting, karena tanpa ide kita akan kebingungan mau menulis apa. Ide menulis bisa di dapat dari beberapa sumber, yaitu bisa dari pengalaman pribadi, pengalamanan teman/sahabat, dari film, atau kejadian nyata dalam kehidupan kita pun bisa di jadikan ide untuk menulis.

Cara termudah agar bisa selalu menemukan Ide menulis adalah dengan Banyak-banyak membaca. Membaca tulisan orang lain, membaca buku, atau membaca kejadian nyata di alam semesta. Selain itu ide juga bisa kita dapatkan dengan mencari tahu kebutuhan pembaca, atau survei ke toko-toko buku.


Keempat PILIH TEMA. Tema mengarahkan isi tulisan kita, apakah mau bertemakan cinta? Komedi? Action? Motivasi? Atau lainnya. Tema perlu agar pembaca tulisan kita tidak kebingungan ketika membaca tulisan kita. Karena setiap pembaca pasti punya tujuan dan harapan yang di inginkan ketika membaca tulisan kita. Dia akan kecewa ketika mencari mencari buku bertemakan cinta ternyata yang dia baca tidak sesuai. Tema ini juga yang akan membantu dalam menentukan judul. Pilihlah tema yang sesuai dengan target pembaca kita.


Kelima BUAT OUTLINE. Seperti perjalanan ke suatu tempat kita membutuhkan peta. Begitu juga menulis kita membutuhkan peta, dalam kepenulisan biasa di sebut outline atau kerangka tulisan. Gunanya supaya tulisan kita terarah sesuai tujuan yang kita inginkan dan tidak tersesat.

Keenam KUMPULKAN BAHAN. Bahan ini perlu untuk kita menulis. Inilah penyebab kenapa menulis berhenti di tengah jalan walaupun sudah memiliki outline, kurang bahan. Setelah menentukan tema, outline sudah kita buat, selanjutnya carilah bahan-bahan yang dibutuhkan. Dari outline kita akan tau dimana latar belakang cerita yang kita inginkan, tempat-tempat kejadian dalam cerita konflik, tokoh, dan alur. Kemudian carilah bahan yang dibutuhkan.

Itulah langkah awal untuk memulai menulis. Jika ada yang kurang di mengerti mari kita sama-sama berdiskusi di GROUP FACEBOOK.
Terima Kasih sudah membaca artikel ini, jika bermanfaat silahkan di sebar luaskan, semoga menjadi amal jariyah kita. Aamiin. Tunggu artikel selanjutnya.

Artikel ini bisa di DOWNLOAD DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog kami.
Silahkan tinggalkan pesan agar ke depannya lebih baik.

 
Top