Sebelum membuka toko online kita harus tau terlebih dahulu beberapa hal berikut. Jangan sampai kita malah rugi ketika membuka toko online. Kita awali dengan pengertiannya.

Apa itu Toko Online?

Toko online adalah model bisnis yang paling umum dari beberapa model  bisnis  online.  Membuka toko online memang lebih praktis dan lebih hemat karena tidak tidak perlu repot-repot sewa tempat dan toko kita bisa buka 24 jam. Bedanya kalo Toko  online  lapaknya berupa sebuah  Website  yang  kita  gunakan  untuk  jadi etalase untuk  produk kita.  Serupa  dengan  toko  offline  juga  memerlukan  fungsi  bisnis  yang  menyeluruh  seperti  pemasaran,  proses  transaksi,  pengiriman  produk, pengelolaan stok, dan pelayanan pelanggan. Baik mari kita bahas satu per satu.

sumber: www.tokopedia.com
  • Pemasaran
Ketika kita membuat toko, baik online maupun offline, perlu  suatu  strategi  pemasaran  agar  konsumen mau membeli  produk kita.  Langkah  awal  agar  penjualan  terjadi  adalah  dengan menarik pelanggan mengunjungi toko kita. Kalo bahasa onlinenya mengundang trafik ke website toko online kita. Bagaimana mereka mau beli kalo mereka belum pernah maen ke toko kita. Ini adalah ujung tmbak dalam bisnis baik online maupun ofline.
  • Proses Transaksi 
   Proses  transaksi  yang memudahkan  calon  konsumen  akan membuat mereka lebih gampang untuk melakukan pembeli. Tidak jarang  yang  mengurungkan  keinginan  untuk  membeli  hanya  karena susahnya proses  transaksi. Kita harus menciptakan proses yang mudah dan aman untuk bisnis toko online kita. Misalnya transaksi bisa dengan Transfer ATM, Kartu kredit, Pay Pal, M-Banking, dan lainnya.
  • Pengiriman Produk
Kepuasan  pelanggan  terdapat  pada,  selain  produk  yang sesuai,  kecepatan pengiriman produk. kita harus bisa memastikan barang sampai pada pelanggan pada waktu yang telah disepakati. Semakin kita memberikan pengiriman produk yang cepat, semakin meningkat kepuasan pelanggan. 
  • Pengelolaan Stok
Dalam  bisnis  online,  kita  harus  tahu  dengan  pasti  berapa  stok  yang  tersedia.  Jangan  sampai  kita  sudah  menawarkan  dan sampai pada proses closing ternyata barangnya tidak ada.  kita  akan  kehilangan  kesempatan  penjualan  barang  dan kepercayaan  dari  konsumen.  Biasanya  konsumen  akan  malas untuk kembali.  Pengelolaan  stok  juga  meliputi  perkiraan  kita  atas  ketersediaan barang  di masa  depan.  Hal  ini  berguna  ketika  ada barang  yang  sedang  kosong,  tetapi  ada  pelanggan  yang  mau menunggu produk tersebut. Kita harus bisa memperkirakan kapan barang tersebut ada  kembali.
  • Pelayanan Pelanggan
Konsumen  baru  biasanya  akan  melakukan  interaksi  yang dekat  dan  sering  dengan  toko  online  sebelum  melakukan pembelian.  Mereka  bisanya  mencari  tahu  apakah  toko  online tersebut terpercaya atau tidak.  Cara  interaksi  mereka  biasanya  dengan  melakukan komunikasi melalui  jari ngan pribadi, seperti BBM, WhatsApp, Line, Instagram, dan lainnya.  Anda  harus  mengakomodasi  hal  tersebut  dengan memberikan  kontak  yang  bisa  dihubungi.  Siapkan  pula  jawaban atas pertanyaan yang sering ditanyakan agar menjadi lebih efektif.  Pelayanan  pelanggan  adalah  salah  satu  kunci  yang membuat  pelanggan  puas  dan  mau  kembali.  Anda  juga  bisa mendapatkan  rekomendasi  mereka  atas  pelayanan  yang membuat puas pelanggan.

Nah itulah kelima pondasi dasar yang penting sebelum membuka toko online. Saya ykin sedikit itu belum cukup memuaskan Anda yang mau memulai membuka toko online. Untuk itu kunjungi http://j.mp/SEOTokoOnline untuk mendapatkan panduan Bisnis Toko Online dari nol sampai teknik pemasaran, mengundang trafik, dan semua hal yang berkaitan dengan toko online.


Download Materi seputar toko online Disini

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog kami.
Silahkan tinggalkan pesan agar ke depannya lebih baik.

 
Top