Setelah menemukan ide, maka biasanya penulis akan terhambat bagaimana cara mengembangkannya?
Masalah ini yang sering di temukan dalam menulis dan sering penulis akan stop sebatas tema. Saya akan membahas apa yang telah di berikan dalam kelas KMO tadi Malam. Tentang Bagaimana mengembangkan ide atau tema sehingga menjadi outline dan siap kita tulis agar menjadi sebuah buku.

Disini saya akan mencontohkan dengan sebuah ide yang bertemakan TA'ARUF.
Selanjutnya kita buat Peta pemikiran atau disebut juga MIND MAPPING. 

Pasti teman-teman bertanyakan, Bagaimana cara membuatnya?
Berikut saya berikan contoh Mind Mapping yang sudah saya buat.

Perhatikan Bar warna biru itu ide tema besar yang akan kita kembangkan. Kemudian bar merah, Kuning, dan Orange, tulisan tebal itu pengembangan dari ide Ta'aruf. Disitu saya akan menjabarkan dari tema Ta'aruf melalui Pemahaman Ta'aruf, Kesalahan persepsi tentang ta'aruf dan tentang Jodoh. 

Selanjutnya untuk melengkapi penjelesan dari ketiganya saya jabarkan lagi ke pembahasan yang lebih spesifik. 


Pertama dari Pemahaman Ta'aruf, agar bisa tercapai maka saya harus menjelaskan Arti, Mengapa dan Bagaimana ta'aruf sebenarnya, serta perbedaan ta'aruf dan pacaran


Kedua dari Kesalahan Persepsi Tentang Ta'aruf, saya jabarkan dengan menjelaskan Penyebabnya dan Solusi agar tidak salah persepsi lagi.


Ketiga dari Jodoh. saya berikan penjelasakan yang spesifik dengan Apa dan siapa jodoh, dan kiat-kita menjemput jodoh.


Dari Mind Mapping inilah kita jabarkan poin per poin, gunanya untuk menjelaskan lebih detail lagi dari yang sudah kita tulis di MIND MAPPING. Itulah kemudian yang akan kita buat menjadi outline atau daftar isi. Dari outline atau daftar isi itu akan berkembang menjadi sebuah buku. 


Berikut Contoh Outline dari MIND MAPPING di atas.



BAB I
Apa Ta’aruf itu?
  1. Arti Ta’aruf
  2. Mengapa Ta’aruf?
  3. Bagaimana Ta’aruf itu?
  4. Perbedaan Ta’aruf dan Pacaran
  5. Ta’aruf atau Pacaran?
  6. Dampak Positif Pacaran
BAB II
Ta’aruf Bukan Solusi 
  1. Apa penyebabnya?
  2. Koreksi diri (mengapa tak kunjung ketemu?)
  3. Lebih dekat dengan Sang Pemilik (Bagaimana agar Ketemu?)
a.       Perbanyak tobat dan syahadat
b.      Ibadah sebanyak-banyaknya
c.       Terus memperbaiki akhlak
  1. Harapan itu Masih Ada
  2. Yang Terbaik di Persiapakan untuk yang Terbaik
BAB III
Dimanakah Jodohku?
  1. Jodoh itu kamu (Apa dan Siapa Jodoh ku?)
  2. Agar Jodoh Tidak Salah
  3. Kiat-kiat menjemput jodoh
Itu adalah contoh outline yang saya buat, nah..dari satu Mind Mapping itu saja kamu bisa dapatkan banyak outline bahkan bisa kita tambahkan lagi setiap Sub Bab nya. Itu adalah outline yang akan saya tulis dan saya jadikan buku. Mohon do'anya ya agar bisa cepat selesai bukunya. 

Bagaimana Sudah bisa membuatnya? Yuk di coba sekarang agar bisa dan tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa menulis.

Oiya Materi ini adalah sedikit, dari video book smart writing. Bagi kamu yang serius mau jadi penulis silahkan pelajari selengkapnya disini.



Baca juga: 6 Cara efektif menemukan ide untuk menulis


Kelas Menulis Online

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog kami.
Silahkan tinggalkan pesan agar ke depannya lebih baik.

 
Top